BMPS dan Dispendik Masih Beda Pandangan

March 10, 2008 at 12:41 pm

*Soal Penyetaraan Guru Swasta
INDOPOS, SURABAYA -Sampai saat ini masih terdapat perbedaan pemahaman manfaat penyetaraan (inpassing) guru swasta. Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) menganggap penyetaraan itu sebagai modal bagi pencairan tunjangan fungsional, sedangkan Dispendik memahami aturan tersebut sebagai proses awal sertifikasi guru.

Ketua BMPS Pusat Ahmad Fathoni Rodli menerangkan, regulasi penyetaraan para guru swasta itu diatur dalam Permendiknas No 47 tahun 2007 tentang Penetapan Inpassing Jabatan Fungsional Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil. Dalam aturan itu, guru swasta mendapat penghargaan setara dengan guru negeri. Aturan itu menyebutkan sistem penyetaraan guru dengan mengkonversikan masa kerja dan pendidikan terakhir guru dengan kepangkatan yang dimiliki guru negeri.

Menurut Fathoni, guru dengan masa kerja 10 tahun dan pendidikan S1 berhak mendapatkan penyetaraan setara guru golongan III C serta angka kredit 200. Demikian halnya dengan guru S1 dengan masa kerja 18 tahun akan mendapatkan penghargaan setara dengan guru golongan IV A dengan angka kredit 400.

“Aturan ini menguntungkan para guru swasta. Tugas BMPS adalah menyosialisasikan aturan ini kepada guru swasta di daerah,” jelasnya.

Penyetaraan itu, kata Fathoni, untuk mengatur pemberian tunjangan fungsional guru swasta. Tunjangan akan diberikan sesuai penyetaraan. “Tunjangan fungsional sekarang juga dirasakan guru swasta,” jelasnya. Menurut dia, besaran tunjangan yang diamanatkan dalam aturan itu sesuai dengan yang didapat guru negeri. “Sekarang tidak ada sekat antara guru negeri dan swasta,” jelasnya.

Kenyataan yang terjadi, guru swasta hingga saat ini belum mendapatkan tunjangan fungsional setara guru negeri. Pemerintah menyamaratakan besaran tunjangan yang didapat, yakni Rp 200 ribu.

Kabag TU Dispendik Bambang Sugijanto mengatakan, pemerintah memahami aturan tersebut bukan sebagai aturan pemberian tunjangan fungsional. Inpassing adalah modal bagi guru swasta untuk mengikuti proses sertifikasi guru. “Saya belum dapat petunjuk kalau inpassing untuk tunjangan fungsional. Yang saya tahu penyetaraan itu proses untuk mengikuti sertifikasi guru,” jelasnya.(git/ari)

Entry filed under: Liputan Media. Tags: , , , , , , .

Kolom Masyarakat Guru LP Maarif NU di Bogor Harapkan Pendidikan Dibenahi


DR. Ahmad Fathoni Rodli

Caleg PKB DPR RI/ Jatim 1

Blog Stats

  • 2,476 hits
March 2008
M T W T F S S
« Feb   Aug »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

%d bloggers like this: